02-PROFESI IT DAN PROFESIONALISME
Hai kembali lagi sama aku Chika Azalia Maghfira, pada mata kuliah etika profesi minggu ini di UNEJ tepatnya di FASILKOM akan bahas materi tentang apa? YA! Betul banget, yang akan kita bahas dalam blog kali ini adalah materi tentang Profesi IT dan Profesional.
PROFESSIONS AND PROFESSIONAL
1. Profesi adalah panggilan/sebutan yang membutuhkan
keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang dan intensif (George
Reynolds, 2014)
2. The United States Code of Federal mendefinisikan seorang “professional employee”
adalah orang yang terlibat dalam pekerjaan dimana membutuhkan pengetahuan
advance dibidang sains yang biasanya diperoleh melalui kursus intelektual
khusus dan pendidikan di institusi pendidikan tinggi atau rumah sakit.
3.
Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang
merupakan ciri suatu profesi atau orang yang professional. Dan Profesionalisme
adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar
dan juga komitmen dari pada anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan
kemampuan dari seorang karyawan.
4.
Professional adalah sikap seseorang yang menekuni sebuah
profesi dengan dibekali oleh 3 kemampuan dasar, yaitu pengalaman yang mumpuni,
attitude yang baik, dan skill (softskill/hardskill). Tak hanya sampai disitu
seorang profesional masih perlu memiliki beberapa kemampuan.
Selain
3 kemampuan dasar, ada juga kemampuan lain yang harus dimiliki seorang professional,
yaitu :
COMMUNICATION yang
dimaksud disini adalah komunikasi dalam melakukan sesuatu pekerjaan antara si
pekerja (profesional) dengan lawan bicaranya harus dilakukan dengan cara yang
tepat, seperti menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh lawan bicaranya.
COMPLIANCE adalah
kepatuhan atau standar yang telah disetujui, atau secara sederhana adalah suatu
target. Contohnya dalam hal pekerjaan, ketika kita diberikan tugas untuk
menyelesaikan tugas dengan target satu minggu, lalu ketika kita menyelesaikan
tugas tersebut tepat seminggu maka respon yang diberikan oleh si pemberi
pekerjaan adalah biasa saja, sedangkan jika lebih cepat akan mendapatkan respon
baik, adapun jika terlambat akan mendapatkan respon sebaliknya. Dan yang
paling mendukung dan menjadi pondasi dari seorang profesional adalah kejujuran
yang dimiliki, kerja keras, skill, lalu terakhir adalah pengalaman.
CHARACTER yang
dimiliki oleh seorang profesional sangat berperan penting dalam menentukan cara
bersikap agar dapat membuat lawan bicara menjadi nyaman saat sedang berhadapan.
Yang sering digunakan adalah bersikap yang efesien dan menyenangkan.
COMMITMENT seorang
profesional harus bisa berkomitmen atas pekerjaannya, yaitu dapat membagi
secara adil antara kehidupan personal dengan organisasi.
COMFORT,
comfort adalah kenyamanan, bagaimana sikap seorang dapat membuat lawannya
nyaman, biasanya dilakukan dengan sikap-sikap seperti merangkul.
CONDUCT adalah
sikap dimana seorang profesional dapat menggabungkan etika dan kecerdasannya
menjadi satu.
5.
Ciri – ciri Profesionalisme di bidang TI
Ø Mempunyai ketrampilan yang tinggi dalam suatu
bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan
dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang IT.
Ø Mempunyai ilmu dan pengalaman serta kecerdasan
dalam menganalisis suatu masalah dan peka dalam membaca situasi cepat dan tepat
serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
Ø Mempunyai sikap berorientasi ke depan sehingga
punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di
hadapannya.
Ø Mempunyai sikap mandiri berdasarkan keyakinan
akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang
lain.
6.
Jenis Profesi di Bidang TI
Jadi
gini, mungkin ini yang beberapa orang fikirkan tentang prospek kerja. Kuliah
komputer bisa apa aja sih emangnya, setelah lulus bisa jadi apa sih. Yuk kita
bahas
Software
Engineering
Di
Software Engineering ini kita bisa jadi :
Ø Project Manager.
Ø System Analyst.
Ø System Architect / Designer.
Ø Programmer.
Ø Mobile App Developer.
Ø Front-End Developer.
Ø Back-End Developer.
Ø Website Developer.
Ø Quality Control (QC) Manager.
Ø Quality Assurance (QA) Manager.
Ø UI/UX Designer.
IT
Engineer
Di
IT Engineer bisa jadi banyak hal, yaitu :
Ø IT Support Manager.
Ø IT Support Specialist.
Ø Network Architect.
Ø Network Engineer.
Ø Network System Administrator.
Ø IT Security Specialist.
Ø Technical Support Engineer.
IT
Operations
Lanjut,
Didalem IT Operations ada apa aja sih :
Ø EDP Operator.
Ø System Administrator.
Ø Website Administrator.
Ø Helpdesk Technician.
Ø Helpdesk Specialist.
Data
& Business
Ini
salah satu yang menarik, emangnya ada apa sih kok bisa menarik. Kita lihat dulu
ada apa aja :
Ø Data Scientist.
Ø Data Analystics Manager.
Ø Data Center Manager.
Ø Data Quality Specialist.
Ø Database Designer.
Ø Database Administrator.
Ø IT Strategy Specialist.
Ø Digital Content Writer.
Ø Online Marketing Specialist.
IT
Manager
Nahh
yang ini aku agak kaget sih, ternyata ada ya yang seperti ini. Emang nya IT
Management ada apa aja sih :
Ø IT Auditor.
Ø IT Consultant.
Ø IT Governance Specialist.
Dan yang terakhir, seorang profesional harus
konsekuen dengan apa yang dilakukannya. tidak menggabungkan pekerjaan dengan
mood atau urusan pribadi (rasa suka tidak suka).
Dalam dunia IT , sangat dibutuhkan profesionalisme kerja, dengan tuntutan pekerjaan, yang mengharuskan seorang profesi IT terus bergerak cepat mengikuti arus perkembangan teknologi. Akhirnya, seorang profesional dipaksa untuk mengambil pendidikan khusus tentang IT yang mumpuni untuk menunjang kemajuan karirnya. Contohnya sertifikasi IT.
Komentar
Posting Komentar