02-PROFESI IT DAN PROFESIONALISME

Hai kembali lagi sama aku Chika Azalia Maghfira, pada mata kuliah etika profesi minggu ini di UNEJ tepatnya di FASILKOM akan bahas materi tentang apa? YA! Betul banget, yang akan kita bahas dalam blog kali ini adalah materi tentang Profesi IT dan Profesional.

PROFESSIONS AND PROFESSIONAL

1.  Profesi adalah panggilan/sebutan yang membutuhkan keahlian khusus dan persiapan akademik yang panjang dan intensif (George Reynolds, 2014)

2.   The United States Code of Federal mendefinisikan seorang “professional employee” adalah orang yang terlibat dalam pekerjaan dimana membutuhkan pengetahuan advance dibidang sains yang biasanya diperoleh melalui kursus intelektual khusus dan pendidikan di institusi pendidikan tinggi atau rumah sakit.

3.     Profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang professional. Dan Profesionalisme adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dan juga komitmen dari pada anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan dari seorang karyawan.

4.     Professional adalah sikap seseorang yang menekuni sebuah profesi dengan dibekali oleh 3 kemampuan dasar, yaitu pengalaman yang mumpuni, attitude yang baik, dan skill (softskill/hardskill). Tak hanya sampai disitu seorang profesional masih perlu memiliki beberapa kemampuan.

Selain 3 kemampuan dasar, ada juga kemampuan lain yang harus dimiliki seorang professional, yaitu :

COMMUNICATION yang dimaksud disini adalah komunikasi dalam melakukan sesuatu pekerjaan antara si pekerja (profesional) dengan lawan bicaranya harus dilakukan dengan cara yang tepat, seperti menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh lawan bicaranya.

COMPLIANCE adalah kepatuhan atau standar yang telah disetujui, atau secara sederhana adalah suatu target. Contohnya dalam hal pekerjaan, ketika kita diberikan tugas untuk menyelesaikan tugas dengan target satu minggu, lalu ketika kita menyelesaikan tugas tersebut tepat seminggu maka respon yang diberikan oleh si pemberi pekerjaan adalah biasa saja, sedangkan jika lebih cepat akan mendapatkan respon baik, adapun  jika terlambat akan mendapatkan respon sebaliknya. Dan yang paling mendukung dan menjadi pondasi dari seorang profesional adalah kejujuran yang dimiliki, kerja keras, skill, lalu terakhir adalah pengalaman.

CHARACTER yang dimiliki oleh seorang profesional sangat berperan penting dalam menentukan cara bersikap agar dapat membuat lawan bicara menjadi nyaman saat sedang berhadapan. Yang sering digunakan adalah bersikap yang efesien dan menyenangkan.

COMMITMENT seorang profesional harus bisa berkomitmen atas pekerjaannya, yaitu dapat membagi secara adil antara kehidupan personal dengan organisasi.

COMFORT, comfort adalah kenyamanan, bagaimana sikap seorang dapat membuat lawannya nyaman, biasanya dilakukan dengan sikap-sikap seperti merangkul.

CONDUCT adalah sikap dimana seorang profesional dapat menggabungkan etika dan kecerdasannya menjadi satu.

5.     Ciri – ciri Profesionalisme di bidang TI

Ø  Mempunyai ketrampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang IT.

Ø  Mempunyai ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.

Ø  Mempunyai sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya.

Ø  Mempunyai sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain.

6.     Jenis Profesi di Bidang TI

Jadi gini, mungkin ini yang beberapa orang fikirkan tentang prospek kerja. Kuliah komputer bisa apa aja sih emangnya, setelah lulus bisa jadi apa sih. Yuk kita bahas

Software Engineering

Di Software Engineering ini kita bisa jadi :

Ø  Project Manager.

Ø  System Analyst.

Ø  System Architect / Designer.

Ø  Programmer.

Ø  Mobile App Developer.

Ø  Front-End Developer.

Ø  Back-End Developer.

Ø  Website Developer.

Ø  Quality Control (QC) Manager.

Ø  Quality Assurance (QA) Manager.

Ø  UI/UX Designer.

IT Engineer

Di IT Engineer bisa jadi banyak hal, yaitu :

Ø  IT Support Manager.

Ø  IT Support Specialist.

Ø  Network Architect.

Ø  Network Engineer.

Ø  Network System Administrator.

Ø  IT Security Specialist.

Ø  Technical Support Engineer.

IT Operations

Lanjut, Didalem IT Operations ada apa aja sih :

Ø  EDP Operator.

Ø  System Administrator.

Ø  Website Administrator.

Ø  Helpdesk Technician.

Ø  Helpdesk Specialist.

Data & Business

Ini salah satu yang menarik, emangnya ada apa sih kok bisa menarik. Kita lihat dulu ada apa aja :

Ø  Data Scientist.

Ø  Data Analystics Manager.

Ø  Data Center Manager.

Ø  Data Quality Specialist.

Ø  Database Designer.

Ø  Database Administrator.

Ø  IT Strategy Specialist.

Ø  Digital Content Writer.

Ø  Online Marketing Specialist.

IT Manager

Nahh yang ini aku agak kaget sih, ternyata ada ya yang seperti ini. Emang nya IT Management ada apa aja sih :

Ø  IT Auditor.

Ø  IT Consultant.

Ø  IT Governance Specialist.

Dan yang terakhir, seorang profesional harus konsekuen dengan apa yang dilakukannya. tidak menggabungkan pekerjaan dengan mood atau urusan pribadi (rasa suka tidak suka).

Dalam dunia IT , sangat dibutuhkan profesionalisme kerja, dengan tuntutan pekerjaan, yang mengharuskan seorang profesi IT terus bergerak cepat mengikuti arus perkembangan teknologi. Akhirnya, seorang profesional dipaksa untuk mengambil pendidikan khusus tentang IT yang mumpuni untuk menunjang kemajuan karirnya. Contohnya sertifikasi IT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

07-PERATURAN DAN REGULASI DI BIDANG IT(UU ITE)

05-CYBER ETHIC

06-ETIKA BISNIS